Minggu, 15 Mei 2011

Sulit Tidur termasuk Gangguan Jiwa



Sulit Tidur termasuk Gangguan Jiwa - Ketika saya mengalami sulit tidur sangat tidak nyaman sekali rasanya. Jika anda pernah mengalaminya juga, tentu ini bisa mengganggu aktivitas pada pagi harinya karena tidak bisa maksimal karena merasa badan ini ada yang salah. Walaupun ini terjadi sehari, tentu sangat mengganggu. Tidak heran, banyak penderita yang mengeluh karena sulit tidur.

Anda harus berhati-hati, karena sulit tidur merupakan awal dari gangguan jiwa. Walaupun memang kesannya terlihat sepele namun hal ini merupakan pertanda adanya kondisi yang menyebabkan terjadinya gangguan jiwa.
Yang terjadi, hampir semua orang yang mengeluh sulit tidur karena mereka kebanyaan mengalami gangguan kejiwaan seperti gangguan depresi, gangguan kecemasan, gangguan psikotik, dan demensia.

Ganggguan kecemasan yang dialami pasien biasanya mengeluh sulit untuk memulai tidur dikarenakan pikiran yang terus ke sana ke mari sehingga sangat sulit sekali untuk memejamkan mata. Sekalipun tidur, biasanya orang ini akan mengalami gelisah dan bangun diantara tidurnya dan kesulitan untuk tidur kembali. 

Fobia, obsesif kompulsif, gangguan panik, gangguan stres pascatrauma termasuk dari gangguan kecemasan.

Untuk mengatasi gangguan tidur, kita harus menganalisa terlebih dulu hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan tidurnya. Seperti tidak berolahraga berat sebelum tidur, setiap malamnya tidur pada jam yang relatif sama, tidak mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein, menggunakan tempat tidur dan pakaian yang bersih, tidak menggunakan dan meletakkan barang elektronik didekat tubuh ketika tidur karena bisa mengganggu konsentrasi tidur.

Jika memang semua hal ini sudah dilakukan akan tetapi masih mengalami masalah susah tidur atau insomnia, maka ada baiknya untuk berobat ringan dan memulai mengkonsultasikannya ke dokter. Biasanya dokter menggunakan suplementasi melatonin.


Baca juga:


Anda sedang membaca artikel tentang Sulit Tidur termasuk Gangguan Jiwa dan anda bisa menemukan artikel Sulit Tidur termasuk Gangguan Jiwa ini dengan url https://tipssehatkita.blogspot.com/2011/05/sulit-tidur-termasuk-gangguan-jiwa.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sulit Tidur termasuk Gangguan Jiwa ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Sulit Tidur termasuk Gangguan Jiwa sumbernya.